by

Mengetahui Cara Menghitung Persen dan Pembahasannya

kemilaunews iklan

KEMILAUNEWS.com – Pada Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara menghitung persen dan contoh soal serta pembahasannya

Apa Itu Persen

Persen sering kali digunakan sebagai suatu bilangan angka dalam bentuk persentase. Persen sering gunakan untuk menghitung persentase diskon, pajak, laba, suku bunga, jumlah penduduk dan lainya.

Metode untuk cara menghitung persen adalah satu diantara materi matematika dasar yang penting untuk dipahami oleh setiap orang. Lantaran, kalkulasi persen kerap kali digunakan di kehidupan sehari-hari. Baik dipakai untuk mengalkulasi diskon, besaran untung yang diperoleh, sampai penyesuaian komisi atau untuk perhitungan pajak.

Langkah dalam menghitung persen juga sebetulnya tidak terlalu susah, yakni dengan mengkalikan angka bilangan persen pada harga atau jumlah angka lain, lalu membagikan dengan angka 100. Angka 100 ini sebagai angka tetap yang ada pada persen. Karena, persen sama maknanya dengan 1 per 100.

Bukan itu saja, dengan mengetahui langkah perhitungan persen secara baik dapat menjadi modal Anda untuk tentukan taktik pemasaran barang atau produk. Terutama, untuk Anda yang berkecimpung di dunia usaha atau perdagangan. Dengan memberi potongan harga atau diskon dapat menjadi satu diantara taktik untuk tingkatkan animo pemasaran. Hingga didapatkan hasil pemasaran yang maksimal.

Cara Menghitung Persen

Untuk bagaimana cara menghitung jumlah persen dapat digunakan rumus sebagai berikut:
Persentase (%) = Total keseluruhan x 100%

Contoh soal cara menghitung persen
Ada sebuah perusahaan memiliki karyawan 500 orang. Dibulan September ada sebanyak 50 orang karyawan bekerja dari rumah. Berapa persentase karyawan yang bekerja dari rumah?

Pembahasan:
Total jumlah karyawan = 500 orang
Jumlah karyawan bekerja dari rumah = 50 orang

Persentase karyawan yang bekerja dari rumah = 50/500 x 100%
Jadi persentase karyawan yang bekerja dari rumah = 10%

Begitulah bagaimana Cara Menghitung Persen. Silahkan di praktekan dengan beberapa contoh soal lainnya. Semoga dengan pembahasan bagaimana cara menghitung persentase ini dapat membantu untuk mengetahui cara perhitungannya. Perhitungan persentase sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Dalam menghitung persentase ini juga sebenarnya tidaklah terlalu sulit.

Mengetahui Cara Menghitung Persen dan Pembahasannya

Oleh : Mariska (Freelance Writer)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya