by

HOT!Berita Prabumulih Menjadi Kebutuhan Ditengah Masyarakat Saat Pandemi COVID19

kemilaunews iklan

Berita Prabumulih Semakin Mudah Didapatkan Secara Online


OPINI – Kemilaunews. Di era teknologi 4.0 seperti sekarang ini, sangat memudahkan setiap orang untuk mendapatkan informasi seputar berita Prabumulih secara up to date. Cukup hanya dengan memiliki sebuah gadget seperti smartphone ataupun laptop dan memiliki akses internet maka sudah bisa mengakses situs berita daerah maupun situs berita nasional. Hampir semua perusahaan media-media besar di Indonesia sekarang ini lebih fokus menyajikan berita nya secara online.

Dengan kondisi seperti ini membuat media daerah juga harus beradaptasi agar bisa menyajikan berita secara online. Karena kebutuhan akan berita sangat penting bagi setiap orang. Ditambah dengan kondisi Pandemi covid19 yang membuat kita semua harus untuk lebih banyak beraktivitas dari rumah masing-masing. Tentu media online menjadi pilihan yang tepat untuk tetap mendapatkan seputar informasi tentang apa yang terjadi di Prabumulih hari ini.

Jenis Media Berita Prabumulih Yang Ada Saat Ini.


Ada banyak cara untuk menyampaikan sebuah berita secara online baik itu secara gratis maupun berbayar. Berikut ini jenis-jenis media online yang sering dipakai oleh perusahaan media maupun perorangan untuk menyampaikan sebuah berita atau informasi:

1. Jejaring Sosial


Yang pertama adalah melalui platform gratis yaitu jejaring sosial atau yang lebih sering kita sebut medsos. Jenis media ini adalah yang paling populer dipakai saat ini, karena penggunanya yang semakin hari semakin meningkat. Sehingga jenis media berita yang penyampaiannya melalui jejaring sosial termasuk yang paling cepat dalam sampai ke masyarakat luas. Melalui media ini juga siapa saja bisa menyampaikan sebuah berita secara gratis.

2. Blog


Blog adalah sebuah website yang juga sering dijadikan oleh perorangan maupun kalangan komunitas untuk menyampaikan informasi dan berita. Sedangkan untuk perusahaan media sendiri sangat jarang menggunakan blog untuk menyampaikan informasi dan berita. Blog biasanya berisi informasi tentang pengalaman pribadi dan kejadian ataupun kegiatan dari si penulis itu sendiri untuk kemudian berbagi kepada semua orang. Mulai dari informasi resep memasakan, tutorial, tips dan trik, sampai pengalaman pribadi perjalanan wisata penulis.

3. Portal Berita


Berbeda dengan blog untuk portal berita ini adalah website yang dikelolah oleh sebuah perusahaan yang menyampaikan berita yang telah dihimpun oleh penggiat jurnalistik nya dan memberikan informasi atau berita berdasarkan fakta yang terjadi. Portal berita harus memiliki legalitas yang terdaftar resmi dan patuh pada perundang – undangan yang berlaku. Melalui media portal berita ini hampir semua informasi dan berita penting tentang apa yang terjadi hari ini dapat kita dapati secara cepat.


Ketiga jenis media informasi dan berita diatas, saat ini banyak sekali ada di internet dan dapat dengan mudah kita akses. Begitu juga dengan perusahaan media lokal kota Prabumulih yang menyajikan tentang berita Prabumulih terkini banyak yang menggunakan dari ketiga media tersebut.

Audiens Atau Pembaca Berita


Bedasarkan dari seberapa pentingnya kebutuhan akan informasi dan berita untuk didapat, maka pembaca atau pencari informasi berita Prabumulih online dapat dibagi menjadi beberapa kalangan masyarakat diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pelaku usaha


Yang pertama adalah dari para pelaku usaha yang membutuhkan informasi dan berita secara online yang dapat menunjang usahanya. Biasanya topik berita yang paling sering dicari adalah seputar info produk, jual beli sampai memanfaatkan media berita sebagai sarana promosi untuk produk usahanya dan berjualan melalui jejaring sosial.

2. Milenial


Tren membaca berita Prabumulih online dikalangan generasi milenial akhir-akhir ini semakin meningkat. Hampir 75 persen lebih pengguna aktif smartphone adalah generasi milenial, hal ini yang membuat peningkatan dari kalangan milenial menjadi cukup drastis. Sebelum era digital seperti sekarang ini ketika perusahaan-perusahaan media menyampakan beritanya melalui media cetak, membaca informasi dan berita dari kalangan milenial cukup sedikit. Yang mereka cari biasanya seputar berita Prabumulih viral dan yang lagi hot untuk di perbincangkan saat ini

3. Unemployment

Unemployment adalah kalangan dari masyarakat yang kesehariannya lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berdiam dirumah saja seperti ibu rumah tangga, pensiunan, pengangguran. Umumnya dari kalangan ini adalah yang paling sering (bukan paling banyak) mengakses situs portal berita

4. Pegawai atau Pekerja

Pegawai dan pekerja yang kesehariannya lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja merupakan kalangan yang lebih sedikit mengunjungi situs portal berita. Kalangan ini justru kerap kali menjadi object berita.

Dampak Bagi Masyarakat Dari Berita Online

Perlu juga untuk kita ketahui bahwa dengan semakin mudahnya akses untuk mendapatkan informasi dan berita seperti sekarang ini, maka akan semakin rawan pula untuk masyarakat termakan dengan hoax atau isu yang dimanfaatkan oleh pihak tertentu. Sering kali kita jumpai berita Prabumulih yang tersebar luas dimasyarakat tidak dikatahui asal usul dan sumbernya. Bahkan hal seperti ini berulang kali terjadi dan merugikan bagi diri kita sendiri.

Namun di sisi lain tentu dengan semakin mudahnya untuk dapat mengakses informasi dan berita Prabumulih ini merupakan hal yang sangat positif bagi masyarakat. (Mrz)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya