by

Ada 5 Nama Calon Ketua KONI Kota Prabumulih Yang Telah Terdaftar

kemilaunews iklan

PRABUMULIH, KEMILAUNEWS.com. – Pendaftaran calon ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk masa jabatan 2021-2025 kota Prabumulih akan berakhir pada hari ini Senin (26/7/21). Ada 5 nama calon yang bakal bertarung untuk menduduki posisi sebagai ketua KONI kota Prabumulih.

Dari informasi yang kami dapat awalnya ada 6 nama yang akan mendaftarkan diri sebagai calon ketua KONI kota Prabumulih, namun hingga batas akhir pengembalian formulir pendaftaran tepatnya pada pukul 16.00 WIB hanya ada 5 nama yang telah mengembalikan ke kantor KONI yang berada di daerah jalan Taman Murni.

Menurut Daud Rotasi yang saat ini menjabat sebagai ketua KONI mengatakan, setelah diterima berkas pencalonan berikut dukungan maka tim verifikasi akan memeriksa apakah bakal calon memenuhi syarat atau tidak dan akan diumumkan pada Rabu (28/7/2021).

“Rabu itu diumumkan dan sekaligus pelaksanaan pemilihan ketua,” ungkap Daud.

“Pemilihan Ketua KONI Kota Prabumulih itu akan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) dengan agenda pemilihan Ketua KONI,” tegasnya.

Untuk verifikasi data calon yang sudah terdaftar ada mekanisme dan banyak syarat yang harus dipenuhi oleh calon ketua KONI, diantara adalah harus mendapatkan 30 persen dukungan, kemudian setelah itu akan diperiksa oleh tim penjaringan dan penyaringan.

Sementara mengenai syarat dan mekanisme yang diatur sesuai dengan pedoman teknis dalam pencalonan, pengurus komite olahraga nasional, komite olahraga provinsi, dan komite olahraga kabupaten/kota bersifat mandiri dan tidak terikat dengan kegiatan jabatan struktural dan jabatan publik.

Hal tersebut telah diatur sesuai Pasal 40 dalam Undang-undang (UU) Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional dan Pasal 56 Peraturan Pemerintah RI Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan Keolahragaan. (Raif)

Editor: Redaksi Kemilaunews

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya