by

5 Cara Menahan Rasa Lapar Berlebihan Agar Tetap Sehat

kemilaunews iklan

KEMILAUNEWS.com – Disaat anda sedang menjalani program hidup sehat salah satu kendala terbesar adalah rasa lapar. Seseorang membutuhkan pola hidup sehat ini agar terhindar dari banyak bahaya penyakit. Misalnya saja, ketika anda merasa badan anda semakin gemuk dan sudah tidak sehat. Tentunya anda akan mencoba program diet, bukan? Sayangnya apapun program yang anda ikuti akan kalah jika tidak mengetahui kunci cara menahan rasa lapar tersebut.

Terkadang, tubuh anda memang tidak sedang membutuhkan makanan. Namun, dehidrasi alias kekurangan cairan. Tapi, karena tubuh terdiri dari 70% air. Ketika kurang sedikit saja cairan, maka otak akan berusaha mencari “sumber air” inilah mengapa sinyal lapar diterima oleh tubuh. Sebab, hampir semua makanan mengandung air, bukan? Buah-buahan jelas mengandung air, sayuran juga mengandung air dan bahan makanan lainnya.

Sayangnya, selain air maka kita juga akan menumpuk banyak makanan yang berubah menjadi lemak. Belum lagi lapar mata yang membuat seseorang kalap dan makan berlebihan. Lantas, bagaimana cara ampuh agar bisa mengontrol nafsu makan ini? Sebab, jika anda gagal, maka percuma saja anda mengikuti program diet manapun. Tapi, anda harus bergembira. Karena, kali ini kita akan membahasnya! Bagaimana? Ikuti 5 cara ampuh di bawah ini, ya.

1.  Atur Porsi dan Jenis Sarapan

Pasti anda akan langsung protes dengan poin pertama ini, bukan? Sebab, ada metode yang melarang sarapan agar cepat tercapai berat badan ideal. Padahal, hal tersebut sangat salah dan tidak dianjurkan. Sarapan sangat penting bagi tubuh. Sebab, kita butuh asupan energi untuk beraktivitas. Yang perlu dijaga adalah porsi dan jenis makanan yang akan dimakan.

Yang seharusnya menjadi menu sarapan adalah Protein dan Lemak. Kenapa Lemak? Bukankah anda ingin mengurangi lemak yang menumpuk di tubuh? Sebab, lemak, protein maupun karbohidrat serta vitamin dan mineral dibutuhkan oleh tubuh. Belum lagi, penelitian yang mendapatkan hasil bahwasanya orang yang sarapan dengan protein serta lemak keyang lebih lama.

2.  Tekstur Makanan Dan Proses Mengunyah

Apakah anda termasuk orang yang terburu-buru untuk menghabiskan makanan? Jika iya, maka tinggalkan kebiasaan buruk tersebut. Anda harus fokus, nikmati dan kunyahlah makanan sampai benar-benar lumat sebelum menelannya. Dan, anda juga dianjurkan untuk memakan makanan yang lebih keras. Dengan demikian, maka anda akan berusaha lebih keras untuk menghancurkannya dan mengunyah lebih lama.

Pasti anda pernah dengar istilah kunyahlah makanan 33 kali, bukan? Karena memang dianjurkan mengunyah 30-40 kali sebelum ditelan. Ini memberikan waktu untuk otak memproses bahwasanya kita sudah makan. Dan, dengan mengunyah perlahan tersebut, signal kenyang akan mudah didapat oleh tubuh. Maka anda tidak akan makan berlebihan lagi.

3.  Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Sebelumnya, anda sudah membaca bahwasanya lapar palsu bisa terjadi karena anda kekurangan cairan, bukan? Nah, untuk itu anda perlu memenuhi kebutuhan cairan harian. Ada banyak faktor yang menjadi penentu seberapa banyak seharusnya anda minum setiap harinya. Sebab, ukuran tubuh, pekerjaan hingga jenis daerah tempat tinggal juga mempengaruhinya. Untuk umum, ada 2 jenis rumus kebutuhan air yang biasa digunakan adalah:

  • Berat badan (Kg) x 50 cc air = kebutuhan air dalam satuan cc.
  • 1 ml air x kilo kalori kebutuhan harian = kebutuhan air dalam satuan ml.

Anda bisa menggunakan salah satu dari 2 rumus di atas.

4.  Tidur Berkualitas dan Cukup

Tubuh anda membutuhkan tidur agar bisa memulihkan banyak hal. Termasuk memperbaiki proses metabolisme. Tapi, tidak sembarangan tidur, ya! Usahakan anda tidur sebelum jam 10 malam dan durasinya 6-8 jam. Jangan samakan tidur siang, pagi atau sore hari dengan tidur malam. Sebab, otak sudah memiliki program tersendiri. Seberapa banyak waktu yang anda gunakan untuk tidur di pagi hari namun anda begadang, maka anda tetap akan mudah lapar. Oleh karena itu, kualitas, durasi dan waktu tidur harus diperhatikan.

5.  Kurangi Visceral Fat

Tahukah anda tentang visceral fat? Ini adalah lemak tubuh di bagian sentral yakni lemak di perut. Kenapa lemak ini berperan banyak tentang rasa lapar? Sebab, ini adalah lemak paling jahat pada tubuh kita. Jika perut anda berlemak sangat banyak itu berarti ada banyak organ dalam yang dilapisi lemak. Hal ini akan memicu timbulnya rasa lapar berlebihan. Dan, cara terbaik adalah mengurangi persentase lemak dengan defisit kalori, makan makanan yang sehat dan ditingkatkan dengan olahraga.

Demikianlah cara menahan lapar yang sebaiknya anda praktekkan langsung. Sebab, tubuh yang anda jaga akan sulit terserang penyakit. Salam sehat!

5 Cara Menahan Rasa Lapar Berlebihan Agar Tetap Sehat

Oleh : Artika Nesa (Freelance Writer)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya